Penyebab Selulit Dan Cara Mengatasinya

Kulit yang halus dan mulus adalah impian bagi semua orang, terutama wanita. Namun, karena beberapa hal terkadang kulit memiliki garis-garis halus berwarna putih yang dinamakan selulit. Selulit tentunya sangat menganggu penampilan anda, untuk itu artikel ini akan membahas mengenai penyebab dan cara untuk menguranginya.

Penyebab Selulit

Memakai Pakaian Dalam Terlalu Ketat

Penyebab selulit yang pertama adala mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat akan menyebabkan peredaran darah terganggu dan pembuluh darah tertekan. Hal tersebut akan meninggalkan bekas pada area bokong dan payudara, atau yang dinamakan selulit.

Faktor Usia

Penyebab selulit yang kedua adalah faktor usia. Seseorang yang memasuki usia lansia akan mengalami penurunan keelastisitasan jaringan sel. Menurunnya jaringan sel tersebut akan menyebabkan kulit menggelambir dan menumpuknya air dan lemak di beberapa area tubuh seperri bokong, mata, dan lengan.

Selain penurunan keelastisitasan jaringan sel, penyusutan jaringan ikat juga akan menyebabkan selulit. Penyusutan jaringan ikat akan menyebabkan kulit keriput. Selain itu, penyusutan jaringan ikat akan menyebabkan lemak kelur ke permukaan kulit. Penurunan keelastisitasan jaringan sel dan penurunan jaringan ikat tersebut akan menyebabkan permukaan kulit menjadi bergelombang dan menyebabkan selulit.

Faktor Gender

Penyebab selulit yang ketiga adalah faktor gender atau jenis kelamin. Wanita akan memiliki risiko terkena selulit yang lebih besar dibandingkan dengan pria. Hal tersebut dikarenakan wanita memiliki jaringan di perut bagian bawah dan pinggul. Keberadaan jaringan di perut dan pinggul tersebut akan menyebabkan lemak mudah masuk ke jaringan tersebut, seingga akan menyebabkan selulit di bagian pinggang, perut, bokong, dan paha.

Masa Kehamilan

Penyebab selulit yang keempat adalah masa keamilan. Wanita yang sedang hamil cenderung mudah untuk mengalami kenaikan berat badan karena meningkatnya produksi hormon estrogen. Estrogen adala salah satu hormon di dalam tubuh yang memiliki fungsi untuk mengalirkan lemak ke seluruh tubuh.

Dengan meningkatnya produksi hormon estrogen tersebut akan menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh. Penumpukan lemak tersebut akan membuat jaringan sel kulit melemah dan memicu munculnya selulit.

Lemak Jenuh dan Junk Food

Penyebab selulit yang kelima adalah penumpukan lemak jenuh. Lemak yang berasal dari makanan siap saji atau junk food akan mengalami penumpukan di bawah kulit. Hal tersebut dikarenakan tubuh hanya mampu mencerna lemak yang berasal dari sayuran dan buah. Penumpukan lemak dari makanan siap saji atau junk food tersebut akan menggangu peredaran darah dan menyebabkan kegemukan. Kegemukan tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya selulit.

Mengonsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Penyebab selulit yang keenam adalah mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Alkohol adalah cairan yang mengandung banyak zat berbahaya dan menyebabkan kenaikan jumlah kalori dan racun di dalam tubuh. Alkohol dapat merusak jaringan di dalam otak, menyerap zat vitamin C, merusak sel kulit, dan menghambat peredaran kalsium. Peredaran kalsium yang terhambat tersebut akan menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan selulit.

Stres

Penyebab selulit yang ketujuh adalah stres. Stres yang melanda akan menghambat proses detoksifikasi, sehingga racun dan lemak di dalam tubuh sulit untuk dibuang. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko terjadinya selulit sebaiknya anda tidak mengalami stress.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula

Penyebab selulit yang kedelapan adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula. Gula adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara tidak normal atau obesitas. Seperti yang kita ketahui bahwa kegemukan atau obesitas adalah salah satu penyebab selulit karena penumpukan lemak di dalam tubuh akan menghambat peredaran darah dan merusak jaringan.

Merokok

Penyebab selulit yang kesembilan adalah merokok. Selain berdampak buruk pada kesehatan paru-paru, kebiasaan merokok juga akan menyebabkan selulit. Merokok dapat menyebabkan selulit karena kapiler akan tersumbat sehingga sel-sel kulit akan mengalami penurunan fungsi. Tersumbatnya kapiler dan penurunan fungsi sel-sel kulit tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya selulit.

Cara Mengatasi Selulit dengan Mudah

Krim Anti Selulit

Cara mengatasi selulit yang pertama adalah dengan menggunakan krim anti selulit. Pada saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menawarkan krim untuk menghilangkan selulit. Krim anti selulit tersebut dapat memecah lemak yang menumpuk di bagian tubuh tertent dan mempersempit pembuluh darah sehingga kelebihan cairan di dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Namun, anda harus memerhatikan dan memilih krim anti selulit yang telah masuk dalam daftar BPOM sehingga keamanan pemakaian krim tersebut dapat terjamin.

Laser Treatment

Cara mengatasi selulit yang kedua adalah dengan laser treatment. Perawatan dengan menggunakan laser dipercaya mampu melelehkan lemak dan serat yang menumpuk di bawah kulit serta menstimulasi produksi kolagen.

Menyikat tubuh

Cara mengatasi selulit yang ketiga adalah dengan menyikat tubuh. Menyikat tubuh dalam keadaan kering akan membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh. al-hal yang perlu diperhatikan dalam menyikat tubuh adalah sebagai berikut.

  • Gunakan sikat yang memiliki bulu sikat yang lembut dan halus
  • Pastikan tubuh dalam keadaan kering
  • Sikat tubuh dengan perlahan dari arah kanan ke kiri dan mengarah ke jantung
  • Lakukan perawatan ini selama 5 menit setiap hari agar selulit dapat hilang

Menggunakan Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Selulit

Cabe Rawit

Bahan alami pertama yang mampu mengurangi selulit adalah cabe rawit. Cabe rawit adalah makanan yang dapat mengurangi kandungan lemak di dalam tubuh dengan cara membakarnya. Selain mengurangi kandungan lemak, cabe rawit juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh, memperbaiki sistem peredaran darah, dan memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh. untuk mengurangi selulit, anda dapat mengonsumsi cabe rawit yang telah diolah menjadi jus.

Ampas Kopi

Bahan alami kedua yang dapat mengurangi selulit adalah ampas kopi. Apabila anda sedang mengonsumsi kopi, jangan buru-buru untuk membuang ampas kopi yang berada dalam gelas anda. Selain bermanfaat untuk merawat wajah yang berminyak dan berjerawat, kopi ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi selulit.

Ampas kopi mampu mengurangi selulit dengan cara mengelupas sel-sel kulit mati dan meransang produksi sel kulit baru. Untuk mengurangi selulit dengan ampas kopi caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengoleskan ampas kopi yang tela dicampur dengan gula dan minyak kelapa pada bagian tubuh yang memiliki selulit.

Rumput Laut

Bahan alami ketiga yang dapat mengurangi selulit adalah rumput laut. Rumput laut adalah tanaman yang mampu membantu sirkulasi darah, memperbaiki kulit, dan membuang racun di dalam tubuh. Berikut ini adalah cara untuk mengurangi selulit dengan rumput laut adalah sebagai berikut.

  • Siapkan bubuk rumput laut, garam laut, extra virgin coconut oil, dan minyak esensial
  • Campurkan semua bahan-bahan tersebut kemudian oleskan pada tubuh yang memiliki selulit
  • Lakukan pijatan secara perlahan dan lembut agar sel-sel kulit mati dapat terangkat
  • Lakukan perawatan dengan rumput laut ini setiap hari agar selulit dapat hilang

Minyak Jintan

Bahan alami keempat yang dapat digunakan untuk mengurangi selulit adalah minyak jintan. Selain rumput laut, minyak jintan juga mampu mengurangi racun dan kelebihan cairan penyebab selulit di dalam tubuh. Cara untuk mengurangi selulit dengan minyak jintan adalah sebagai berikut.

  • Siapkan minyak jintan dan minyak zaitun secukupnya
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan balurkan pada tubuh yang memiliki selulit
  • Lakukan pijatan secara perlahan selama sepuluh menit
  • Bilas dengan air hangat agar cairan minyak jintan dan minyak zaitun tersebut hilang.

Na, demikianlah sedikit pembahasan mengenai penyebab dan cara untuk mengurangi selulit. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk tampil cantik dengan kulit mulus tanpa selulit.

 

Leave a Reply